latest Post

TUTORIAL CARA INSTAL WINDOWS 7 MENGGUNAKAN USB FLASH DISK

Pernah kadang kala ketika kita akan menginstal sistem operasi windows ke dalam PC baru atau pun sekedar ingin menginstal ulang OS Windows tersebut, kita dihadapkan dengan tidak adanya drive DVD-ROM. Timbul pikiran gimana nginstal windows nya sedangkan tidak punya drive DVD-ROM tersebut.


Untuk alasan dan fungsi mobilitas, notebook atau laptop sekarang dibuat dengan desain ringkas dan minimalis. Untuk memangkas ukuran itu tentunya ada perangkat yang dikurangi yaitu DVD-ROM. 

Nah salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan perangkat usb atau flash disk. Semua tipe perangkat komputer pasti memilikinya slot usb tersebut. Jadi jangan khawatir dengan flash disk kita bisa melakukan proses instalasi windows dengan mudah.


Berikut langkah-langkah membuat Flashdisk Bootable, disini saya menggunakan Windows 7:
1. Siapkan USB flasdisk minimal 4 GB lebih pun boleh, karena kita akan meng copy Windows  7 dan  memerlukan sekitar 4 GB

2. Instal software WinsetupFromUSB telebih dahulu.

3. Instal software ultra iso download disini.

4. Dalam folder WinSetupFromUSB terdapat 3 file yaitu Instruction Option.txt, USB Formatter.exe, dan WinSetupFrom USB.exe

5. Pasang flashdisk pada PC atau Laptop anda.

6. Format flashdisk menggunakan USB Formatter.exe.

7. Buka aplikasi WinSetupFrom USB yang sudah diinstal tadi. Pastikan flashdisk sudah terbaca pada USB Disc Selection. Kemudian klik "RMPrepUSB".

8. Pada "File System and Overrides" centang FAT32 dan Boot Options klik WinPE/Vista v.2 bootable [BOOTMGR] [CC4].

9. Akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah. Kemudian klik OK.

10. Setelah selesai, jendela command prompt akan tertutup.
11. Tutup aplikasi WinSetupFromUSB.
12. Buat master file instalasi windows 7 menjadi type file image (file iso). Copy semua isi file dalam DVD ke dalam satu folder di drive komputer atau netbook anda.
13. Klik kanan folder master instalasi windows 7, kemudian klik Ultra ISO dan Add to ISO File. Stelah selesai akan muncul file ISO master instalasi windows.
14. Buka aplikasi Ultra ISO. Pilih menu file, lalu pilih open (Ctrl+O) untuk membuka file ISO master instalasi windows.
15. Pilih lokasi penyimpanan file ISO master instalasi yang telah dibuat tadi, kemudian klik open.
16. Klik menu Bootable dan pilih Write Disk Image.
17. Ikuti seperti petunjuk gambar lalu klik Write. Tunggu sampai selesai dan flash disk anda siap digunakan untuk menginstal windows.
18. Untuk menginstal windows, pada saat notebook pertama kali booting  tekan F12 untuk masuk ke dalam BOOT MENU OPTION (berbeda pada tiap notebook atau komputer), dan pilih booting melalui USB-HDD (Flashdisk).
19. Langkah selanjutnya seperti proses instal windows seperti biasa.

demikian,,,,,semoga dapat membantu anda,,,




Recommended Posts × +

0 $type={blogger}:

Post a Comment