latest Post

10 MANFAAT KONSUMSI JAHE BAGI KESEHATAN TUBUH

Manfaat Kesehatan dengan Mengkonsumsi Jahe

Sudah sejak lama jahe digunakan sebagai bahan dasar untuk pengobatan alternatif. Jahe bisa digunakan untuk membantu penceraan, mengurangi mual, dan juga bisa mencegah flu dan demam ringan.

Jahe mengandung gingerol, yaitu merupakan senyawa bioaktif yang bertanggung jawab atas sebagian besar khasiat obat dalam jahe. Penggunaan dapat dalam bentuk segar, kering, bubuk, minyak ataupun jus.

Jahe

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi jahe:

1. Memperlancar Saluran Pencernaan
Jahe memiliki sejarah panjang kegunaan dalam mengatasi gangguan pencernaan. Ini karena jahe meningkatkan pencernaan dengan mengaktifkan enzim pencernaan dan meningkatkan pengosongan perut. Selain itu juga memiliki khasiat relaksasi sehingga bisa mengurangi nyeri akibat kejang perut.

2. Perlindungan Pada Hati
Jahe dapat melindungi hati dari metabolit obat terutama obat anti tuberkulosis dan logam berat karena sifat antioksidannya sehingga memperlambat penuaan terkait kerusakan hati pada tubuh manusia.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Jahe dapat mengurangi penanda inflamasi, meningkatkan HDL dan menurunkan trigliserida, sehingga jahe dapat melindungi jantung dari kolesterol tinggi dan inflamasi. Jahe juga memiliki 6-gingerol yang melindungi sel-sel pembuluh darah dari stres oksidatif yang membantu mencegah pengerasan arteri dan juga menurunkan tekanan darah dengan mengendurkan pembuluh darah.

4. Mengatasi Morning Sickness
Jahe merupakan obat alami yang populer untuk mual di pagi hari pada masa awal kehamilan. Hal ini dikarenakan kandungan zat yang terdapat pada jahe memiliki kemampuan untuk memblokir kelebihan serotonin dan aktivasi saraf vagus di usus dengan cara menghambat aktivasi serotonin dan saraf vagus dapat mengurangi rasa mual dan muntah sebagai tanda gejala morning sickness.

5. Mengurangi Gejala Kram Pada Saat Menstruasi
Zat bioaktif yang terdapat pada jahe memiliki aktivitas anti radang sehingga meredakan nyeri pramenstruasi saat menstruasi.

6. Mengurangi mual akibat pengobatan HIV.
Contoh penggunaan obat HIV, TLE memiliki kemungkinan tinggi dapat menyebabkan mual dan muntah, sehingga diberikan produk jahe 1g/hari sebelum pengobatan untuk mengurangi mual ringan dan berat. Ini karena interaksi gingerol dengan serotonin dan saraf vagus di usus.

7. Meningkatkan Kualitas Sperma
Jahe melindungi DNA sperma dari kerusakan oksidatif. Dalam penelitian terhadap 100 pria tidak subur. Semua pria mengonsumsi 500 mg bubuk jahe setiap hari selama 3 bulan, setelah itu kualitas DNA sperma mereka meningkat pesat.

8. Meningkatkan Enzim Testosteron Pada Pria
Jahe mampu meningkatkan kadar testosteron pada pria terutama mereka yang mengalami stres oksidatif. Ini meningkatkan testosteron dengan mekanisme berikut:
* Meningkatkan hormon luteinizing di otak dan kolesterol di testis yang merangsang produksi testosteron.
Memerangi radikal stres oksidatif pada testis yang merusak hormon testosteron dan sperma.
Mengaktifkan enzim antioksidan yang dapat melawan stres oksidatif.
Meningkatkan aliran darah di testis.

9. Membantu mengurangi Eksim
6-shigaol, senyawa jahe memiliki kemampuan untuk menghambat TNF-alpha yang berperan dalam gejala eksim seperti kemerahan dan erupsi kulit. Juga memiliki kemampuan untuk mengelola Th2 / Th1 untuk menjaga zat inflamasi dan jalurnya terkendali.

10. Mencegah Alergi dan Asma
Zerumbone, adalah sejenis bahan aktif dalam jahe meningkatkan Th1 dan mengurangi respons Th2 pada penderita asma, sehingga memperbaiki gejala asma. Juga menurunkan produksi zat kekebalan Th2 melalui Th1 juga membantu menyeimbangkan kembali sistem kekebalan dan mengurangi alergi.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
#jahe #kesehatan #manfaatjahe #herbal #obatherbal #obatalternatif #alternativemedicine
Recommended Posts × +

0 $type={blogger}:

Post a Comment