latest Post

TUTORIAL MEMECAH FILE BESAR UNTUK UPLOAD DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE HJ SPLIT


Kadang kala kita memerlukan untuk mengupload file yang ukurannya besar untuk kepentingan seperti upload data file, software, game atau pun video dan music.
Ketika kita ingin mengupload data dengan ukuran besar yang pertama dilakukan adalah melakukan kompres file atau data tersebut. Namun kadang kala file yang kita ingin kan setelah melukan kompres file masih terlalu besar file tersebut untuk di upload. 

File dengan ukuran yang besar pada saat kita upload akan memerlukan waktu yang lebih lama dan tidaklah  efisien.

Contoh:
Ketika kita ingin melakukan upload file besar dengan kapsitas besar dengan besar file 1 GB.

1. Apabila kita melalukan upload file tanpa melakukan kompresi File, maka file dengan kapasitas 1 GB akan membutuhkan waktu yang lama dan tergantung dengan koneksi kecepatan internet yang kita miliki.

2. Apabila kita melalukan kompres file tersebut dengan software kompres file seperti winzip atau winrar, maka file tersebut jg kadang masih terlalu besar untuk kita upload. Karena ukuran file yang telah kita kompres tersebut tidak memenuhi kriteria untuk melakukan upload file karena ukuran file tersebut masih besar.

3. Cara yang lain kita memerlukan software untuk memecah file data yang telah kita kompres dengan memecahnya ke dalam beberapa bagian atau part, sehingga kita mendapatkan ukuran file part tersebut tidak terlalu besar dan cukup untuk proses upload.

Kita akan coba dengan cara yang ketiga. 
Contoh, file kompresan dengan ukuran 1 GB kita pecah kedalam beberapa bagian, misal kita pecah menjadi 10 bagian atau part. 
File dengan kapasitas 1GB kita bagi 10, maka besar ukuran file yang kita perlukan untuk upload dibagi ke dalam 10 part sehingga lebih kurang masing-masing part memiliki besar ukuran file adalah 90 - 100 MB. 
File yang kita upload dengan besar file 1 GB, maka setelah di pecah maka akan mendapatkan masing-masing file dengan kapasitas 100MB. 

Dengan begitu kita akan melakukan upload sebanyak 10 kali dengan kapasitas 100MB, yang mana besarnya ukuran filenya tetap sama, tetapi cara yang kita lakukan dengan memecah sebuah file ke dalam beberapa part maka akan lebih mengefisienkan waktu untuk upload dari pada satu file bulat dengan kapasitas yang besar langsung kita upload. 

Selain itu jika beberapa part yang telah kita upload selesai, katakanlah kita baru transfer 5 part, kita bisa sambung melakukan upload lagi beberapa saat kemudian atau besok. 
Lebih baik ketimbang satu file bulat besar kita upload maka kita harus menunggu sampai upload selesai. Apabila kita tidak punya waktu untuk menunggu sampai upload selesai ketika kita tinggal kan kita tidak tahu apakah file tersebut berhasil kita upload atau apakah jaringan internet pada saat kita tinggal dalam keadaan tidak putus atau disconnect. 

Jika terjadi disconnect pada saat kita tinggalkan upload data sebesar itu dan gagal akibat disconnect maka kita harus mengulangi dari awal. Tidak kah itu merepotkan ???

Untuk mengefisienkan cara mengupload file ukuran besar kita bisa menggunakan software pemecah File seperti HJ Split.

Langkah yang dilakukan untuk memecah file kompresan dengan ukuran besar ke dalam beberapa bagian atau part.
1 Pertama kita siapkan software HJ Split.

2. Software tersebut tidak lah memerlukan proses instal, file exe HJ Split tersebut tinggal kita jalankan dengan meng klik 2x file exe tersebut. Akan tampil window seperti dibawah ini.

3. Kita akan memecah file ke dalam beberapa bagian karena itu kita pilih tab bernama"Split" tersebut. Kemudian akan muncul Tab berikut dibawah ini.

4. Penjelasan gambar diatas.
    1. Input File            : Kita pilih File kompres yang kita mau pecah kemudian kita Input File
    2. Output File         : Tentukan letak lokasi hasil file tersebut dan letakkan pada Output File.
    3. Split File Size    : Tentukan berapa ukuran file yg mau dipecah kedalam tiap bagian/part.
        Contoh                : File 1 GB kita pecah 10, maka tiap part besarnya kira2 90-100MB
    4. Kbytes/Mbytes   : Pilih ukuran yang akan kita pakai dalam Kbytes/Mbytes.
    5. Klik Start setelah semua setingan telah kita lakukan untuk memulai proses split file.

5. Split File Progress atau proses pemecahan file makan akan berjalan dan progressnya ditunjukkan seperti gambar dibawah ini. Lama proses tergantung besar ukuran file, setingan ukuran file yang dipecah dan dalam Kbytes/Mbytes yang kita pilih.

6. Setelah progress split file berhasil selesai maka akan tampil notifikasi seperti gambar berikut dibawah ini. Dimana berarti proses pemecahan file telah selesai dan berhasil. 

7. Proses split file telah selesai dan file yang dipecah akan tampak dilokasi pada saat kita tentukan letak Output File dengan jumlah 10 file dengan akhiran extensi .rar.001 - .rar.010 apabila saat sebelum dipecah kita menggunakan software kompres file winrar

Demikian semoga membantu bagi yang ingin melakukan upload file dengan ukuran besar dan memecahnya kedalam beberapa part agar lebih efisien.

demikian,,,share pengalaman,,,semoga dapat membantu anda,,, 

Recommended Posts × +

0 $type={blogger}:

Posting Komentar