latest Post

5 HAL YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENGATASI KESEHATAN MENTAL YANG MENURUN

Mengendalikan kesehatan mental adalah hal yang luar biasa dalam hidup kita. Dalam hidup, kita menghadapi banyak tekanan dan masalah. Mulai dari masalah kehidupan, keluarga, kesehatan, keuangan dan lain sebagainya. Kita tidak akan bisa fokus pada hal apapun dan terutama pada pekerjaan kita. Karena pada titik mana pun kita mulai bekerja, beberapa hal yang ada dan mengganggu pikiran di kepala kita akan mengalihkan kita dari pekerjaan. Bahkan tidak jarang hal itu bisa menghambat kesejahteraan kita juga. Oleh karena itu, masalah ini harus segera diatasi sesegera mungkin. Jika tidak, hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan mental kita dan tidak ada yang bisa membantu untuk mengatasi masalah psikologis ini.


Berikut dibawah ini adalah 5 Tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesehatan mental yang menurun. 

1. Konsumsi makanan yang sehat
Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan berkualitas dapat mengurangi gejala kecemasan. Anda perlu menyusun daftar makanan bergizi yang dapat memberikan energi untuk mengurangi faktor tekanan psikologis Anda seperti Almond, kacang-kacangan, lentil, oat, biji-bijian mentah, dan produk alami, dan berbagai jenis sayuran yang mengandung banyak nutrisi. Selain itu mengkonsumsi makanan yang sehat dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kesehatan lainnya.

2. Tidur yang cukup
Waktu tidur yang cukup dapat megurangi kadar strees seseorang. Namun, terkadang kita terpikat serius pada masalah psikologis yang secara konsisten mengganggu waktu tidur atau istirahat kita. Berpikir berlebihan dan terus fokus pada permasalahan yang dihadapi hal itu tidak akan memberi kita waktu tidur yang baik. Oleh karena itu kita perlu mengabaikan sejenak masalah ini dan beristirahat sesuai jadwal untuk menjaga watak kita lebih baik dan bebas dari ketegangan. 

3. Olahraga
Dengan melakukan olah raga secara rutin dapat mengurangi tekanan psikologis kita. Orang yang melakukan olah raga secara konsisten dapat mengurangi masalah pada kesehatan mereka seperti halnya tekanan mental. Olahraga dapat menurunkan tingkat senyawa kimia stress tubuh Anda seperti kortisol. Ini juga membantu melepaskan endorfin dan juga dapat meningkatkan pikiran positif dengan cepat. 

4. Ungkapkan masalah yang Anda hadapi dengan orang terdekat lainnya
Kita biasanya berusaha untuk menyembunyikan masalah yang sedang dihadapi dan berusaha untuk tidak membicarakannya dengan orang lain. Kita seharusnya lebih sering berbagi suka dan duka dengan orang terdekat lainnya sehingga membuat hubungan yang lebih baik dan tercipta saling pengertian. Kita dapat saling mendukung dan mencari jalan keluar bersama jika suatu saat menghadapi situasi terburuk.

5. Berikan waktu khusus untuk diri sendiri
Dalam kehidupan, setiap hari kita akan berhadapan dengan berbagai macam tekanan dan masalah. Oleh karena itu kita harus menghadapinya secara bijak dan positif dan memberi waktu untuk keluar dari masalah yang dihadapi. Kesehatan mental dapat diatasi dan tidak akan menjadi lebih buruk jika seseorang dapat memberikan waktu yang cukup bagi dirinya untuk menganalisa masalah yang sedang dihadapi dan mencari jalan keluarnya.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
#stress #mentalstress #psychology #depression #health #anxiety #kesehatanmental #depresi #kecemasan #kesehatan #tips #tipssehat #problems #masalahkesehatan

 


Recommended Posts × +

0 $type={blogger}:

Posting Komentar